Tiga Jenis CS yang Berperan Penting dalam Pekerjaan Bisnis Anda

Seorang contact person yang siaga jika dihubungi offline maupun online. Itulah mengapa CS adalah singkatan dari Customer Service. Pekerjaan ini biasanya standby di meja kerja office untuk melayani tamu. Di sisi lain mereka juga bertugas mengecek pesan-pesan tertulis. Khususnya yang dikirim lewat inbox di media perusahaan. Mulai dari pertanyaan, permintaan, hingga keluhan.

Sesuai tugasnya tepat bila CS adalah singkatan dari Customer Service. Di sini pihak luar dengan internal dijembatani dengan tindakan melayani keinginan berkomunikasi. Tidak hanya dengan calon konsumen ataupun pelanggan saja. Para mitra bisnis yang berniat menjalin kerjasama dapat menghubungi saluran kontak seorang CS.

Berlatar deskripsi tersebut sangat jelas dimengerti bahwa CS adalah singkatan dari Customer Service. Pengertian ini menjelaskan suatu jobdesc yang berdedikasi secara multilevel. Dimana unit pelayanan bisnis akan berjalan sesuai ketentuan job deskripsinya. Apabila sudah ditopang pegawai yang mengerti tanggungjawab dalam pekerjaan tersebut.

Setidaknya ada 3 pekerjaan yang berhubungan dengan CS ini, yakni CSR, CS di perkantoran, dan juga dengan CSO.

Ketga jenis CS ini akan bertanggung jawab terhadap internal manajemen pegawai yang sudah menaruh kepercayaan. Berikutnya kepada konsumen serta relasi kerjasama yang harus dilayani. Tepatnya bagaimana CS mesti menanggapi sapaan sejumlah pihak yang butuh bantuan. Terlebih lagi yang telah setia mengikuti aktivitas perusahaan. Istilahnya Customer Care. Ketiganya akan diulas di tulisan ini ya.

  1. CS adalah Singkatan dari Customer Service Representatif

Salah satu tugasnya melakukan komunikasi telepon terkait layanan produk atau jasa yang ditanyakan. CSR akan menjelaskan sejumlah prosedur sehingga calon pembeli lebih tertarik dari sebelumnya. Jalinan relasional yang dibangun ini tetap dapat menarik sebanyak mungkin keuntungan buat perusahaan.

Jadi, keyakinan serta rasa percaya menjadi target yang perlu dicapai. Selain itu CSR juga mengawal pengurusan dokumen yang diajukan pelanggan sampai ke beberapa unit layanan yang menangani bidang tersebut.

  1. Customer Service Office

Posisi kerja CS singkatan dari Customer Service Office ini bertatap muka langsung dengan pelanggan. Semisal di Bank peranan CSO terikat beragam kebutuhan nasabah untuk persoalan finansial. Namun hubungan CSO dengan pelanggan tidak selalu berjalan kaku.

Seringkali CSO juga menjadi teman bercakap-cakap yang akrab. Serta tempat menanyakan solusi atas problem atau ketidakpuasan yang tengah dihadapi. Oleh karena itu pembawaan sikap seorang customer service office mestinya sangat positif. Dikarenakan turut menentukan seberapa tinggi nilai kepuasaan konsumen terhadap servis perusahaan.

  1. Customer Service Online

Sesuai namanya penempatan CS online hanya di balik peralatan digital mulai dari ponsel hingga computer. Meski demikian tugasnya yang melayani ratusan konsumen lewat aplikasi serta toko-toko virtual tersebut sangatlah strategis. CS online harus memberikan informasi produk sejelas mungkin, termasuk menjalankan fungsi pemasaran, serta pendekatan pada calon konsumen.

Demikian tadi kita mengenal banyak alasan mengapa CS adalah singkatan dari Customer Service. Suatu pekerjaan yang mungkin sangat cocok dengan kepribadian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp !